Bross Bunga Cantik

by - 8:42 PM


Well, saat ini mood saya masih di bross bunga. Jadi saya buka-buka lagi tuh, file yang pernah saya simpan tapi belum pernah dicoba. Waktu itu cuma ingin nyimpen aja, tapi nggak mood bikin. Moodnya baru muncul sekarang. Haha

Bunga yang satu ini punya 8 kelopak. Bikinnya nggak susah kok, tinggal lihat pola gambar di bawah ini. Kalau lupa sama simbol dan caranya, tinggal buka lagi Tutorialnya :) . Yang susah itu malah bikin tengahnya (lihat benang-benang bermunculan di tengah bross), karena ini adalah hal baru buat saya. Namanya Loop Stich Crochet. Tutorial di blog sumber nggak jelas, akhirnya saya cari sendiri deh tutorialnya di youtube.

Seperti biasa, saya bikinnya dengan bahan-bahan yang ada saja. Kalau di blog sumber pakai benang woll, saya pakai benang katun lokal dengan hakken nomor 3 dan 4. Jadi jangan heran kalau hasilnya juga berbeda. hehehe

Okey, kita mulai dengan membuat bunga dengan 8 kelopak, ikuti pola pada gambar.

Setelah selesai, beri pinggirian kelopak dengan tusuk slip (sl st). Lakukan sl st dua baris, yaitu di depan dan belakang rantai.

sl st depan rantai (front loop)

Seperti ini hasil sl st di depan rantai

 sl st belakang rantai (back loop)

NB: pada bagian puncak kelopak, lakukan *sl st, ch, sl st* dalam satu stich, untuk membuat kesan runcing.

Setelah selesai melakukan sl st di seluruh kelopak, atur kelopak bunga sedemikian rupa, sehingga membentuk seperti ini. :)


Selanjutnya, kita mulai membuat Loop stich Crochet. Bagi yang belum tau caranya, bisa lihat video tutorial berikut ini:

Awalnya saya belajar menggunakan video ini



Menyadari hasilnya nggak sama, kelihatan kurang rapat dan banyak, akhirnya saya cari tutorial lain yaitu Double Loop Stich


Ternyata, hasilnya tetap nggak sama, karena saya mengawali loop stich dengan rantai. Akhirnya saya coba lagi dan menemukan cara berikut ini:
  1. Buat magic ring dengan 10 sc di dalamnya.
  2. Buat Double Loop Stich di setiap tusukan. Total ada 20 Loop stich.
Setelah selesai, tempel hasil Doble Loop Stich di tengah bunga, tambahkan manik, mutiara, kancing atau apa pun untuk mempercantik.

Yah, hasilnya lumayan lah....


SELAMAT MENCOBA! :D

You May Also Like

4 comments

  1. bagus warnanya,kayaknya fresh...untuk tarok di jilbab ya nis ?

    ReplyDelete
  2. Lucu ya mba bentuknya, pengen nyoba deh. Saya baru belajar nge-rajut juga ini. Salam kenal dari saya ya mba. Btw, masih aktif kan ya ini blognya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo mbak Yuniasih. Salam kenal juga dari Bondowoso :)
      Masih mbak... blog ini masih update. Hehe

      Delete