Tips Amigurumi: Dua Cara Membuat Magic Ring

by - 5:41 AM


Magic Ring adalah teknik dasar untuk membuat amigurumi. Hampir semua amigurumi menggunakan magic ring untuk membentuk kepala, badan atau tangan. Dengan kata lain, Magic ring adalah hal yang paling menentukan bentuk amigurumi-mu nanti. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi tips membuat magic ring.

Ada beberapa cara untuk membuat magic ring. Beberapa rajuters membuat magic ring diawali dengan rantai, lalu kemudian di sambung hingga membentuk lingkaran, kemudian barulah membuat tusukan di dalam lingkaran rantai tersebut. Ada juga yang mengawali pembuatan magic ring dengan dua ch (rantai), kemudian melakukan beberapa tusukan di rantai yang kedua dari hakken hingga membentuk magic ring. Cara lain membuat magic ring adalah dengan membentuk lingkaran, seperti akan membuat simpul, lalu membuat tusukan di dalam lingkaran benang tersebut. Cara terakhir ini yang biasa saya lakukan. Untuk pembuatan lebih detail, bisa di lihat pada artikel saya "Mari Merajut".

Pada tulisan ini saya tidak akan membahas satu persatu tentang cara mengawali membuat magic ring, tapi saya akan membahas tentang dua cara berbeda untuk melanjutkan magic ring mejadi sebuah lingkaran.


Cara Pertama: Teknik Obat Nyamuk

Cara ini biasanya dilakukan oleh pemula, dimana setelah membuat tusukan dalam lingkaran, tusukan akan langsung dilanjutkan ke round berikutnya tanpa Slip stich (Sl st). Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Saya membuat Magic Ring dengan 6 sc (tusuk tunggal). Bila dilihat pada gambar, tusukan akan langsung dilanjutkan ke lubang nomor enam.

Magic Ring 1
Nah, ini dia hasilnya... bisa terlihat kan? Lingkarannya berkelanjutan seperti obat nyamuk. :)

Magic Ring 2

Cara obat nyamuk ini aman untuk membuat amigurumi yang menggunakan satu warna saja. seperti "Patrick", "Amigurumi bear" atau kepala amigurumi manusia yang sering saya buat.

Cara ini tidak cocok untuk membuat amigurumi yang menggunakan lebih dari satu warna seperti amigurumi "Asimo", badan "Amigurumi pembalap" atau "Kura-kura" yang saya buat.  Bila menggunakan cara ini, sambungan warnanya akan terlihat berantakan alias tidak rapi. Misalkan, bila saya membuat kepala ASIMO dengan teknik ini, warna hitam yang ada di wajahnya akan miring, tidak membentuk segi empat, tapi akan membentuk jajar ginjang. Tentu saja hasilnya nanti tidak bagus.

Cara Kedua: Magic Ring Sempurna

Nah, ini dia cara yang saya pakai bila ingin membuat amigurumi yang menggunakan lebih dari satu warna. Dengan cara ini, lingkaran akan terlihat lebih sempurna.

Magic Ring 3

Pada gambar 3, lakukan sl st di lubang ke enam, dilanjutkan dengan satu ch. Hasilnya akan terlihat pada gambar 4.

Magic ring 4


Lihat gambar 4, untuk memulai round berikutnya, lakukan tusukan pada lubang yang sama dengan sl st (lubang ke-6). Pada contoh ini, lakukan penambahan tusukan di setiap lubang, mulai dari lubang nomor 5 sampai dengan lubang nomor 1. Hasilnya akan terlihat seperti gambar nomor 5.

Magic Ring 5

Awas, jangan sampai melewati lubang nomor 1 ya! Karena itu adalah lubang hasil sl st, bukan hasil sc atau tusuk tunggal yang kita lakukan. Untuk round selanjutnya, masukkan hakken ke lubang pertama hasil sc setelah melakukan sl st di raound sebelumnya. Lakukan sl st, kemudian lanjutkan sesuai dengan pola berikutnya dengan cara yang sama seperti gambar 4.

Tips melakukan teknik ini adalah, saat melakukan sl st tarikan harus ketat dan kuat untuk menghasilkan sambungan yang bagus, 

Nah, cukup sekian tips dari saya, semoga dapat dipahami tulisan yang acak adul ini. Jangan malu-malu untuk bertanya bila memang masih kebingungan. HAPPY CROCHETING!! :D


You May Also Like

3 comments

  1. Hi, mau nanya kalau pake method magic ring sempurna biasanya setelah project amigurumi selesai bakal keliatan seam ends nya, kira2 bagaimana cara menghilangkan seam nya ya biar ga keliatan? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya biar seam nya ga keliatan, ch ikut dihitung sbg satu tusukan. Jadi setelah bikin ch langsung tusuk di lubang berikutnya. Kalau teknik yg saya gunakan kan ch gak dihitung sbg tusukan, jadi bikin tusukan lagi di lubang yang sama dg ch. Tapi entah karena benangnya atau saya aja yg gak mahir, hasilnya selalu ada bolong2 gitu. Sedangkan kalau lihat di video orang2 itu sama sekali gak kelihatan sambungannya. Mulus banget... cuma itu yang saya tau, semoga bermanfaat:)

      Delete
    2. sipsip sudah jelas terimakasih penjelasannya :)

      Delete