Cara Merajut Topi Bayi Owl (Free Crochet Pattern)

by - 9:13 AM

Owl adalah binatang favorit saya, tapi sampai saat ini belum kesampaian untuk memeliharanya. Saya takut tidak bisa menjadi tuan yang baik karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena kesibukan. Semoga suatu saat bisa benar-benar memelihara owl yaa... :D

Oh ya, ini adalah topi rajut owl pertama saya loh! Free Pattern atau polanya gratis dari blognya mbak Sarah (Cie, ngaku-ngaku mbak :p ). Teman-teman bisa langsung saja klik di sini.

Awalnya saya kesulitan mengikuti cara merajut yang di tulis Mbak Sarah, karena saya memakai benang dan ukuran hakken yang berbeda. Seharusnya saya menggunakan benang besar dengan hakken 5 mm. Benang yang saya punya di rumah hanya katun halus bigply yang maksimal bagusnya pakai hakken 4mm. Jadi, ya saya akali saja. Dengan memanfaatkan informasi "gauge" (cek di sini pengertian gauge), saya membuat pola baru agar besar topinya sama dengan topi yang dibuat si Mbak Sarah. Begitu juga dengan mata dan paruhnya.


For Your Information, Topi rajut owl ini untuk bayi umur 0-3 bulan. Berikut cara merajut Topi bayi Owl versi Anis Lotus. :D

Bahan:
Hook 4mm
Benang katun bigply
Jarum

MR: Magic Ring
sc: Single Crochet
dc : Double crochet
hdc : Half Double Crochet
Inc : Increase
Dec: Decrease

Topi:
Warna A
Round 1: MR, 12 dc (12)
Round 2: Inc 12 kali (24)
Round 3: *Inc, 1 dc* 12 kali (36)
Round 4: *Inc, 2 dc* 12 kali (48)
Round 5: *Inc, 3 dc* 12 kali (60)
Round 6: *Inc, 4 dc* 12 kali (72)
Round 7-11: dc disetiap tusukan (72)
Ganti Warna B
Round 12-19: dc disetiap tusukan (72)

Penutup Telinga:

  • Untuk penutup telinga, saya melakukan hdc sebanyak 14. Jarak antara penutup telinga satu dengan lainnya adalah 22 tusukan (stich). 
  • Selanjutnya lakukan pengurangan di setiap 14 hdc:
  1. dec, 10 hdc, dec (12)
  2. hdc di setiap tusukan (12)
  3. dec, 8 hdc, dec (10)
  4. hdc disetiap tusukan (10)
  5. dec, 6 hdc, dec (8)
  6. hdc disetiap tusukan (8)
  7. dec, 4 hdc, dec (6)
  8. hdc disetiap tusukan (6)
  9. dec, 2 hdc, dec (4)
Selanjutnya lakukan sc mengelilingi topi. 

Untuk membuat telinga di atas topi dan tali topi bisa dilihat di blog mbk Sarah. Cara membuatnya sama, yang berbeda hanya jumlah helau benangnya. Bila mbak Sarah menggunakan satu helai benang, maka saya menggunakan dua helai benang, jadi bisa dikira-kira sendiri berapa jumlah helai benang yang dibutuhkan untuk membuat telinga dan tali topi owl rajut ini.


Selamat Mencoba! Happy Crocheting!!


You May Also Like

0 comments